RTB REWIND: KISAH LAGU 50 CENT "IN DA CLUB"

31 Agustus 2023


Pada tanggal 8 Maret 2003, hit besar 50 Cent "In Da Club" mencapai hit #1 di Billboard 200, dan bertahan di sana selama sembilan minggu. Kisah tentang bagaimana lagu itu muncul cukup singkat — 50 mengatakan dia menyelesaikannya dalam waktu kurang dari satu jam.

“Saya benar-benar hebat saat pertama kali kami melakukannya,” kata 50 kepada Vibe pada tahun 2013 tentang sesi rekaman 45 menit tahun 2002 untuk lagu tersebut, yang diproduksi oleh salah satu mentornya, Dr. Dre.

Permulaan: Penolakan D-12

Ceritanya, Dr. Dre berencana memberikan lagu tersebut kepada grup Eminem, D-12 untuk soundtrack 8 Mile. Dre dan Mike Elizondo, yang ikut memproduseri lagu tersebut, menciptakan empat atau lima ketukan menggunakan pemrograman drum yang sama tetapi sayangnya, D-12 tidak tertarik. Masukkan 50 Cent, siapa yang pasti tertarik. Dia sedang mengerjakan album debutnya yang sangat dinanti-nantikan, dan langsung melahap lagu tersebut, merekam vokal "dua lagu" dengan instrumental di studio Teamwork di ruang bawah tanah manajer G-Unit, rumah Sha Money XL di Long Island.

“Dia mampu membuat lagu terburuk terdengar bagus karena dia mengeluarkan melodi dari dalamnya,” kata Sha tentang 50. “Jadi saya sudah mendengar bagaimana dia menyerangnya.”

Waktu yang Tepat: Perjalanan ke L.A. dan Drum dari DJ Quik yang Legendaris

Dua minggu kemudian, mereka menuju ke L.A. dengan lagu di tangan, untuk sedikit menggemukkannya dengan Dr. Dre dan Elizondo (dengan drum programming oleh DJ Quik). “Kami tidak ingin melapisinya dengan terlalu banyak barang sehingga membuatnya berantakan,” kenang Elizondo. “Dre menggunakan konsep 'less is more', namun buatlah agar terdengar sebesar mungkin.”

Dalam sebuah wawancara dengan Pitchfork, DJ Quik menjelaskan cara kerjanya dengan Dr. Dre, mengatakan saat itulah dia berada dalam kondisi paling kreatif. “Saya menemukan sampel dan membuat suara tepuk tangan yang tidak dilakukan orang lain,” katanya. “Hanya ketukan yang sangat mentah dan parau. Mudah-mudahan, saya bisa menangkapnya kembali dan melakukan 'In Da Club' lainnya. Bukankah itu luar biasa.”

Quik lebih lanjut menjelaskan bagaimana drumnya digunakan di "In Da Club" dalam sebuah wawancara dengan Village Voice. "Mereka bahkan tidak tahu mengapa mereka menyukai lagu "In Da Club" oleh 50 Cent. Mereka hanya tahu bahwa mereka telah mendengarnya lebih dari lagu lain, dan entah bagaimana lagu itu tidak pernah ketinggalan zaman. Ya, itu karena saya membantu Dr. Dre dengan drum. Saya memberinya tepuk tangan, dan tendangan itu. Dia mengakui hal itu sekarang. Saya sering mengatakan selama bertahun-tahun, "Kalian tidak mengerti! Saya memberi Dr. Dre suara drum itu!" “Ya, ya, oke David.” Dan sekarang ketika saya masuk ke studio bersama Dre, dia akan memberi tahu orang-orangnya. Dan menurut saya, Dre, bahwa di sana nilainya lebih dari uang muka apa pun yang dapat Anda bayarkan kepada saya, royalti atau penerbitan apa pun. Pengakuan seperti itu darimu? Aku baik-baik saja."

Keputusan Besar: Get Rich or Die Tryin'

Maju cepat menjelang rilis raksasa tahun 50-an untuk Get Rich or Die Tryin'. Ada perdebatan di antara kru tentang lagu mana yang akan digunakan sebagai single utama — "In Da Club" atau "If I Can't." Tentu saja, refrain "Go shawty, ini hari ulang tahunmu" yang menang.

“Hanya ada tiga lagu ulang tahun: yang biasa, yang Stevie Wonder, dan ‘In da Club’,” kenang 50, menjelaskan mengapa lagu itu begitu populer begitu lama.

"In Da Club" melesat ke #1 di tangga lagu, dan bertahan di sana selama 9 minggu. Lagu ini tetap menjadi lagu terbesar tahun 50-an — melampaui 1 miliar streaming di YouTube pada tahun 2020, dan bisa dibilang salah satu lagu yang paling mudah dikenali dalam sejarah Hip-Hop.


Sumber: rockthebells

Previous
Next Post »
0 Komentar