Kisah Film Terbaik: Episode 205 - The Tenant (1976)

 Film Narator Horor Terbaik Sepanjang Masa

4 Juni 2023

Rilis: 26 Mei 1976
Sutradara: Roman Polanski
Produser: Andrew Braunsberg
Sinematografi: Sven Nykvist
Score: Philippe Sarde
Distribusi: Paramount Pictures (Melalui Cinema International Corporation)
Pemeran: Roman Polanski, Isabelle Adjani, Melvyn Douglas, Jo Van Fleet, Rufus, Shelley Winters
Durasi: 126 Menit
Genre: Drama/Thriller
RT: 83%


Pohon-pohon di sekitar kompleks terawat dengan baik, pemiliknya adalah seorang wanita paruh baya yang baik hati yang selalu tersenyum dan melambai ketika dia melihat saya. Saya memiliki apartemen satu kamar tidur dengan ruang tamu yang besar, kamar mandi tunggal, dapur yang bagus… dan dinding yang terlalu tipis.

Seiring waktu, saya menyadari apartemen ini adalah tempat yang sangat berbeda, jauh lebih sopan di malam hari.

Suatu malam, dengan telinga menempel ke dinding, saya mendengarkan sekelompok penghuni liar yang tinggal di apartemen kosong di sebelah saya. Keesokan paginya, hanya kantong tidur yang terbengkalai yang meninggalkan bukti penampilan mereka. Selama beberapa bulan berikutnya, saya melihat dan mendengar transaksi narkoba terjadi, terkadang benar-benar terbuka. Ada juga malam di mana, saya tidak sepenuhnya yakin, tapi saya pikir saya melihat dua remaja berhubungan seks tepat di halaman depan.

Istri saya (yang merupakan tunangan saya saat itu) mengatakan dia tidak nyaman tinggal di sana, bahwa kami perlu menyewakan apartemen saya dan, ketika tiba waktunya untuk memperbarui kontrak saya, katakan "Terima kasih, tetapi saya akan pergi" dan tinggalkan tempat.

Kamar untuk Disewakan (Beberapa Persyaratan Terlampir)


Saya memasang selebaran di sekitar Colorado Springs, mengiklankan tempat saya, dan bertemu dengan seorang wanita muda yang baik bernama Mary, seorang ibu tunggal, yang setuju untuk tinggal di sana dan membayar setengah sewa. Sementara itu, saya pindah dan tidak menghubungi pemilik rumah selama berbulan-bulan.

Setelah sewa habis, saya masuk ke kantor tuan tanah saya, mengira saya telah melakukannya, ketidakhadiran saya tidak terdeteksi. Saya berharap untuk memberikan salam perpisahan dan keluar. Sebaliknya, dia melihat saya dan menyatakan, “Oh, BARRY, saya sangat senang melihat Anda! Aku sangat mengkhawatirkanmu.” Dia kemudian menjelaskan bahwa Mary, wanita muda yang tinggal di apartemen saya, ternyata adalah seorang pelacur.

Sebelum Mary menghilang sama sekali (hanya membayar sewa satu bulan), dia meninggalkan jejaknya dengan membakar kasurnya dan membuangnya dari balkon. Kejadian kedua yang dekat dengan kejadian itu adalah malam dia mengejar mucikarinya di sekitar halaman apartemen, mengacungkan pisau daging. Dengan Mary yang sudah lama pergi dan ketidakhadiran saya dalam pertanyaan, tuan tanah tidak tahu harus berbuat apa.

Kemunculan saya yang tiba-tiba, dari semua hal, sangat melegakan dia (dalam keadaan itu, dia sangat baik dan bertindak, dari semua hal, keibuan terhadap saya). Saya akhirnya membayar setengah dari sewa yang jatuh tempo (kesepakatan yang kami buat).

Reality TV, Tahun-Tahun Awal


Dua hal penting telah terjadi sejak saya meninggalkan tempat itu selamanya: nama apartemen berubah dan, bertahun-tahun kemudian, salah satu mantan siswa film saya menunjukkan bahwa, sekitar waktu saya tinggal di sana, kompleks apartemen pernah ditampilkan dalam sebuah episode. dari "Polisi."

Betapapun gilanya pengalaman saya, itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Trelkovsky, protagonis dari film thriller Roman Polanski tahun 1976, "The Tenant". Trelkovsky (diperankan oleh Polanski, dalam peran utama yang langka) telah pindah ke sebuah apartemen di Paris, di mana dia segera diperlakukan dengan ketidakpercayaan dan sikap merendahkan oleh pemiliknya.

Bermain "The Concierge" adalah Shelly Winters, yang, setelah menunjukkan kepada Trelkovsky apartemen barunya, mengumumkan "penyewa sebelumnya melemparkan dirinya ke luar jendela!" Dia mengatakan ini sambil tertawa. Di lobi, anjingnya adalah yang pertama di gedung yang mulai menyiksa Trelkovsky.

Selama beberapa hari, Trelkovsky mengunjungi mantan penghuni apartemennya di rumah sakit, berteman dengan seorang wanita berjiwa bebas (Isabelle Adjani) dan tanpa henti diburu oleh tuan tanah (Melvyn Douglas), yang menuduhnya sebagai pengganggu. Kemudian, Trelkovsky mulai curiga bahwa orang-orang di gedung itu mencoba membuatnya gila. Tidak lama kemudian, dia mulai mengalami mimpi buruk – penonton harus menebak apakah dia berhalusinasi atau tidak, karena perbedaan antara khayalan dan kenyataan menjadi kabur.

Perasaan saya tentang film-film Polanski tidak sama dengan perasaan saya tentang pria itu. Saya curiga siapa pun yang membaca ini mungkin bertanya-tanya apakah saya menulis tentang pembuat film yang sangat kontroversial dengan jijik atau apakah karya ini akan terlihat sebagai permintaan maaf.

Kebenarannya lebih rumit dari itu – saya sadar, seperti yang saya duga, bahwa Polanski adalah pemerkosa yang melarikan diri dari AS dan telah menjadi buronan sejak saat itu. Dia juga seorang pembuat film yang sangat berprestasi, seringkali brilian, dengan karya yang tidak mungkin diabaikan.

Saya sangat mengerti berapa banyak yang memutuskan untuk menghindari atau bahkan memboikot filmnya. Saya mengerti, tetapi saya tidak akan menghindari menonton seni yang hebat, bahkan ketika artis di belakangnya secara moral tercela dalam kehidupan nyata.

Dengan itu, kami terus maju.

Lensa oleh sinematografer Sven Nykvist (seorang seniman yang telah memotret beberapa karya terbesar Ingmar Bergman) langsung mengejutkan; Pekerjaan Nykvist adalah, seperti film itu sendiri, low key untuk waktu yang lama, sampai citra yang membuat Anda ngeri langsung dari mimpi buruk merayapi Anda.

Pemeran ansambel internasional adalah kumpulan aneh dari aktor fantastis yang memberikan giliran yang hidup. Polanski, lemah lembut dan rentan, sangat ideal dalam memimpin, Douglas luar biasa, karena Winters dan Adjani sangat baik dalam peran karakter (meskipun, dalam versi Amerika, dia dan beberapa lawan main Prancisnya telah disulihsuarakan dalam bahasa Inggris, menambahkan tingkat surealisme tambahan).

Tiba setelah Polanski kehilangan istrinya, Sharon Tate dan putri mereka yang belum lahir karena pembunuhan Manson dan setahun sebelum penangkapannya karena pemerkosaan menurut undang-undang, film tersebut tampil sebagai mikroskop pada keadaan pikirannya.

Karena Polanski telah berperan sebagai pemeran utama, film ini terasa seperti filmnya yang paling pribadi, sampai-sampai menjadi invasif. "The Tenant" mungkin merupakan potret bagaimana Polanski merasa semua orang menatapnya, mengawasinya, dan berbisik tentangnya setelah dia meninggalkan ruangan. Ada rasa bersalah dan paranoia pada Trelkovsky yang diresapi oleh aktor / pembuat film ke dalam film.

Karya Polanski sebelumnya, "Repulsion" dan "Rosemary's Baby" (Ada di Episode 119), keduanya luar biasa dalam cara mereka memungkinkan penonton untuk berbagi kecemasan protagonis mereka; keduanya dan "The Tenant" telah disebut sebagai yang ketiga dalam "Apartment Trilogy" tidak resmi (dan murni kebetulan) pembuat film.

Saya pertama kali bertemu “The Tenant” di kampus, sebagai penggemar setia Adjani, dalam upaya untuk melihat semua filmnya tersedia di negara ini. Film Polanski sulit dilacak, bahkan di masa kejayaan persewaan video dan reaksi awal saya terhadapnya adalah kekecewaan pahit.

Endingnya membuat saya marah.

Namun, saya tidak bisa berhenti memikirkannya, jadi saya menyewanya lagi dan lagi, semakin terpikat pada detail tertentu setiap saat. Saya tidak menggunakan kata "adiktif" untuk mendeskripsikan banyak film, tetapi itu berlaku dalam kasus ini. Penayangan selanjutnya mengungkapkan bayangan yang terlalu halus untuk ditangkap pada awalnya. Nyatanya, urutan kredit pembukaan yang elegan dan halus (difilmkan dalam satu pengambilan dan digeser di luar gedung apartemen) dengan hati-hati menetapkan tema voyeurisme dan identitas yang berganti-ganti.

Subjek dualitas telah menjadi elemen yang konsisten dari film-film Polanski, apakah berurusan dengan bagaimana keadaan ekstrem mengubah orang yang Anda kira (seperti dalam “Knife in the Water” dan “The Tenant”), apa yang ingin dilakukan seseorang untuk bertahan hidup (“Tess” dan “Chinatown”) atau bagaimana orang biasa menyembunyikan keberadaan kejahatan (“Rosemary's Baby” dan “The Ninth Gate”).

Itu juga merupakan fokus dari “The Double” karya Polanski yang terkenal belum dibuat, sebuah adaptasi Dostoevsky yang hampir dia filmkan dengan John Travolta dan Isabelle Adjani sebagai pemeran utama (kabarnya, Travolta dan Polanski memiliki visi yang kontras dan berpisah sebelum produksi dimulai).

Apakah siksaan Trelkovsky itu nyata atau khayalan, spiral psikologisnya yang menurun itu jelek. Adegan di mana dia bertindak kejam kepada seorang anak manis di taman selalu menggangguku. Begitu juga bidikan mengerikan dari penghuni apartemen di seberang jendela Trelkovsky, yang berdiri tak bergerak, menatapnya.

Perasaan tamu yang tidak diinginkan yang mendekati Anda dibuat begitu meresahkan dan menggugah, tampaknya inilah yang diinginkan Darren Aronofsky dalam "mother!"

“The Tenant” mempertanyakan etiket yang tepat dengan orang lain – kapan kita berhenti bersikap baik, mengesampingkan kesenangan orang, dan menurunkan kaki kita? Aspek film mengingatkan saya pada Franz Kafka dan bahkan novelis yang lebih modern Thomas Berger. Momen kuncinya adalah ketika pemilik rumah yang mengintimidasi Douglas mendesak Trelkovsky bahwa dia harus membuat tetangganya "nyaman". Bagaimana dia, atau siapa pun, melakukan ini?

Ini adalah final dari tiga film yang dibuat Polanski di Paramount Pictures, setelah blockbuster "Rosemary's Baby" dan "Chinatown" (Ada di Episode 36) yang terkenal. Meskipun ini adalah film yang jauh lebih seru, lebih longgar, dan lebih aneh daripada keduanya, ini menunjukkan pembuat film dengan bakat untuk menguasai Anda.

Adaptasi yang sangat setia dari novel Roland Topor tahun 1964 ini mempertahankan selera humor yang gelap tetapi sama mengganggunya dengan "Rosemary's Baby" - gambar penutup terakhir itu, dan caranya memotong tiba-tiba ke logo Paramount Pictures (tidak ada akhir kredit) adalah syuting perpisahan yang mematikan.

"The Tenant" telah tersedia dalam bentuk DVD sederhana, hanya menampilkan pilihan bahasa alternatif. Saat ini, ada di Amazon Prime. Berita terbesar adalah bahwa Juli ini, perusahaan video rumahan Scream Factory yang luar biasa memberikan film ini rilis Blu-ray pertamanya.

Keadaan terjebak di dalam, merasa curiga terhadap dunia luar dan takut pada keadaan pikiran Anda sendiri saat berada di dalam ruangan, adalah sesuatu yang kita semua pikirkan akhir-akhir ini. Film Polanski terhubung dengan kegelisahan hidup di dalam kotak, dikelilingi oleh orang asing di sisi lain tembok… dan berjuang melawan bayangan mengejek yang ada di dalam kepala kita.

Sumber: hollywoodintoto
Previous
Next Post »
0 Komentar