Apakah Pembunuh Berantai Lahir atau Dibuat?

Mungkin mereka terlahir sebagai pembunuh potensial.

11 Juni 2023

Pembunuh alami?

Pada 13 November 2020, Peter Sutcliffe meninggal tanpa duka di Rumah Sakit Universitas Durham Utara setelah menolak pengobatan untuk Covid-19. Dikenal sebagai Yorkshire Ripper, Sutcliffe dihukum atas pembunuhan 13 wanita dan percobaan pembunuhan tujuh lainnya antara 1975-1980. Sutcliffe tidak pernah menunjukkan penyesalan atas apa yang telah dia lakukan.

Apa yang membuat Sutcliffe dan orang lain seperti dia menjadi orang seperti itu? Ted Bundy (30 pembunuhan dikonfirmasi) Pedro Rodrigues Filho (70 pembunuhan dikonfirmasi) Luis Garavito (138 pembunuhan anak jalanan dikonfirmasi). Apakah mereka pembunuh alami selama ini, atau apakah ada sesuatu yang mengubah mereka dan menjadikan mereka pembunuh berantai?

Ahli saraf Jim Fallon memiliki sedikit keraguan. Pembunuh psikopat lahir, dan dia yakin dia mulai menemukan bukti untuk membuktikannya.

Itu bukan saya; itu adalah otak saya.

Pengacara telah mengirimkan scan otak Fallon dari terpidana pembunuhan dengan harapan bahwa dia dapat menunjukkan ada yang salah dengan otak mereka yang mungkin akan membuat mereka mendapatkan hukuman yang lebih ringan, atau mungkin membantu mereka lolos dari hukuman mati. Setelah beberapa tahun, Fallon mulai melihat sebuah pola.

Untuk menguji idenya secara objektif, dia mengadakan uji coba buta. Kolega mengiriminya 70 pindaian otak: beberapa dari orang dengan diagnosis, seperti skizofrenia atau depresi, beberapa dari orang tanpa diagnosis dan beberapa dari pembunuh yang dihukum.

Fallon berhasil mengidentifikasi semua 'otak pembunuh' dalam sampel.

'Mereka semua memiliki satu kesamaan,' kata Fallon, 'kehilangan fungsi di korteks orbit, di atas mata, yang merupakan sirkuit kode untuk etika, moralitas, hati nurani dan ketika itu hilang, atau tidak berkembang, bukan hanya seseorang tidak memiliki rasa moralitas tetapi juga memiliki sedikit kendali atas dorongan hati mereka.'

Tapi Jim Fallon mendapat kejutan yang tidak menyenangkan.

Saya juga?

Fallon telah mengatur pemindaian otak PET untuk sepuluh anggota keluarganya sendiri sebagai kontrol untuk proyek yang dia lakukan tentang kerentanan terhadap penyakit Alzheimer. Melihat melalui pemindaian ini pada suatu sore di bulan Oktober, dia terkejut menemukan satu yang terlihat seperti, dalam kata-katanya, 'otak pembunuh berantai terburuk'. Ketika dia memecahkan kodenya, dia menemukan bahwa dia sedang melihat scan otaknya sendiri.

'Saya mengerti leluconnya,' senyum Fallon. 'Anda tahu, saya sedang mempelajari pembunuh berantai dan saya memiliki otak yang mirip. Anda tidak dapat mengarang hal ini. Hal-hal nyata yang terjadi dalam hidup Anda seringkali cukup aneh.’

Masih ada lagi yang akan datang. Fallon juga memeriksakan DNA keluarganya sebagai bagian dari proyek Alzheimer. Ketika dia memeriksanya, dia menemukan mereka memiliki kombinasi yang normal dan seimbang. Kecuali satu.

'Satu memiliki semua penanda ini yang sangat berisiko tinggi untuk kekerasan,' kata Fallon. 'Dan, tentu saja, ternyata aku lagi. Sekarang, ini menjadi sedikit lebih serius, karena saya memiliki pola otak dan genetika yang sangat konsisten dengan pembunuh berita yang sangat buruk, benar-benar seorang psikopat.'

Jika penelitian Fallon benar, dan dia yakin benar, lalu kenapa dia bukan pembunuh, Peter Sutcliffe, Ted Bundy, atau Luis Garavito? Ini menunjukkan bahwa sementara kelainan otak dan gen yang terkait dengan agresi dan kekerasan merupakan penyebab yang diperlukan dari agresi psikopat, itu tidak cukup. Pasti ada sesuatu yang lain. Dan bagi Fallon, 'sesuatu yang lain' ini mungkin berasal dari masa kanak-kanak.


Keyakinan Fallon bahwa masa kanak-kanaknya yang bahagia dan aman mungkin telah melindunginya dari 'lemparan dadu genetik yang buruk' dan membuatnya memikirkan kembali beberapa ide yang telah lama dipegangnya. Mungkin ilmu saraf tidak memiliki semua jawaban?

'Untuk semua kolega saya, saya seperti Tuan Gen,' kata Fallon, 'genetika mengendalikan segalanya. Tapi itu seperti lelucon pada saya. Saya harus mengatakan bahwa saya salah. Dan itu benar-benar hal yang sangat mencerahkan. Dan karena saya salah, saya benar-benar harus mempelajarinya lebih lanjut. Bagaimana saya salah? Dan Anda tahu saya sudah memperbaikinya.'

Tritunggal yang tidak suci

Untuk Fallon, ada tiga bahan penting yang, jika digabungkan, dapat menghasilkan pembunuh psikopat.

Yang pertama adalah hilangnya fungsi di korteks orbital yang dapat membuat orang tidak mampu membuat keputusan etis dan juga membuat mereka kurang mampu mengendalikan impuls mereka.

Yang kedua adalah gen yang diturunkan, seperti gen MAOA, yang membuat seseorang rentan terhadap agresi dan kekerasan.

Dan yang ketiga, memiliki masa kanak-kanak tanpa cinta, kasih sayang, dan perhatian yang gagal melindungi orang dari psikopatologi laten mereka. Peter Sutcliffe, Ted Bundy, Pedro Rodrigues Filho, dan Luis Garavito semuanya memiliki masa kecil yang bermasalah atau penuh kekerasan.

Kami mulai dengan menanyakan apakah benar-benar ada pembunuh alami. Yah, sepertinya jawabannya adalah ya dan tidak. Lebih baik mengatakan bahwa ada pembunuh potensial yang lahir alami.

Apakah potensi mengerikan itu terwujud tampaknya bergantung pada pengaruh lingkungan dan, khususnya, cinta yang diberikan, atau ditolak, pada masa kanak-kanak.

Sumber: psychologytoday
Previous
Next Post »
0 Komentar