Top 10 Lagu Terbaik Patti Smith

31 Mei 2023

Patti Smith, pemenang punk-penyair dari New York City, mencoba-coba sedikit dari segala hal di awal tahun 70-an, mulai dari seni lukis dan pertunjukan hingga jurnalisme musik dan bekerja sebagai pegawai toko buku.

Smith, mantan pemain New Jersey yang mirip beatnik, pindah ke New York ketika dia berusia 21 tahun "untuk melihat terbuat dari apa [dia]." Setelah beberapa pekerjaan sambilan dan bermain di klub lokal seperti CBGB dan Max's Kansas City, dia dan bandnya — gitaris Lenny Kaye, pianis Richard Sohl, drummer Jay Dee Daugherty dan bassis Ivan Kral — ditawari kontrak dengan Arista Records. Tanggung jawab Smith, katanya saat itu, adalah pada karya seninya.

"Saya tidak punya motivasi lain selain melakukan sesuatu yang sangat hebat," katanya kepada Crawdaddy pada 1975 selama rekaman Horses, yang diproduksi oleh John Cale dari the Velvet Underground. "Satu-satunya kejahatan dalam seni adalah melakukan seni yang buruk. Saya akan mempromosikan diri saya persis seperti saya, dengan semua kelemahan dan kelebihan saya. Kelemahan saya adalah bahwa saya sadar diri dan sering merasa tidak aman, dan kekuatan saya adalah bahwa saya tidak merasa malu tentang hal itu... Dalam catatan saya, saya mencoba mengungkapkan sebanyak mungkin tentang diri saya. Terkadang saya bernyanyi dengan baik, dan terkadang saya mengorbankan nyanyian hebat untuk kemanusiaan. Saya harus memberi tahu orang-orang bahwa saya sama lemahnya dengan saya kuat, atau saya tidak akan pernah berhasil."

Horses menjadi rekor tonggak dalam gerakan punk yang baru lahir dan tidak kehilangan kekuatannya dalam beberapa dekade sejak rilis tahun 1975.

Berdiri di persimpangan lirik sastra Bob Dylan, vokal menggetarkan lantai Jim Morrison dan kejenakaan panggung liar Iggy Pop, Smith menyadari sejak awal bahwa dia menempati ruang tunggal dalam adegan itu. "Sebagian besar pahlawan saya adalah laki-laki hanya karena sebagian besar orang terberat di dunia adalah laki-laki," katanya. "Belum ada wanita yang melakukan apa yang dilakukan Jimi Hendrix. Saya tidak menyalahkan itu pada apa pun. Jika seorang wanita ingin melakukannya, dia akan melakukannya."

Smith melakukannya dengan caranya sendiri. Dari trek klasik hingga potongan yang lebih dalam, kami menelusuri 10 Lagu Patti Smith Teratas di bawah ini.

10. Redondo Beach (Horses, 1975)

Lirik "Redondo Beach", lagu kedua di Horses, pertama kali muncul sebagai puisi dengan nama " Radando Beach" dalam koleksi puisi kodak Smith tahun 1972. Dia menyimpan kata-kata itu dan mengunjunginya kembali untuk album, mengubah ide aslinya menjadi lagu rock yang condong ke reggae. Pada saat itu, kehidupan nyata Redondo Beach di Los Angeles adalah tempat nongkrong yang populer bagi komunitas gay, dan lirik Smith, yang menggambarkan seorang gadis bunuh diri yang mandi di pantai, secara luas ditafsirkan bertema lesbian. Smith bermain dengan ide ini, memperkenalkan lagu tersebut di konser dengan mengatakan "Redondo Beach adalah pantai tempat wanita mencintai wanita lain." Tapi dia menulis lirik setelah berdebat dengan saudara perempuannya, Linda, yang kemudian menghilang pada hari itu, membuat Smith tertekan. "Dia tidak kembali, dan saat malam tiba aku khawatir," tulis Smith dalam koleksi liriknya tahun 1999, Complete: Lyrics, Reflections and Notes for the Future. "Membutuhkan waktu untuk berpikir, saya mengambil kereta F ke Coney Island dan duduk di pantai yang berserakan sampai matahari terbit. Saya kembali, menulis draf dan tertidur. Ketika saya bangun, dia telah kembali. Saya menunjukkan padanya apa yang saya miliki tertulis, dan kami tidak pernah bertengkar lagi."

  9. Mother Rose (Trampin', 2004)

Album kesembilan Smith, Trampin' tahun 2004, menyertakan beberapa penghargaan untuk orang terkasih, baik yang hilang maupun yang masih hidup. "Mother Rose" ditulis untuk mendiang ibu Smith, yang meninggal dua tahun sebelum LP dirilis. "Ini lebih dari ucapan terima kasih padanya," kata Smith kepada Uncut pada tahun 2004. "Dan juga mudah-mudahan lagu yang sangat bagus. Itu bukan lagu yang berduka." Trampin' menampilkan pemikiran lain tentang keibuan: "Cartwheels" ditulis untuk putri Jesse Paris Smith, yang bermain piano di lagu utama album. "Ini jalan yang panjang, dan saya masih berjalan di atasnya," kata Smith. "Hidup memang membawa kita pada perjalanan apa yang membawa kita. Hidup membawa kita ke banyak tempat yang tidak kita antisipasi. Saya pikir [Trampin'] terungkap seperti halnya kehidupan."

  8. People Have the Power (Dream of Life, 1988)

Seperti yang diingat Smith, asal usul "People Have the Power" dimulai di dapurnya. Saat membuat makan malam, suaminya, mantan gitaris MC5 Fred "Sonic" Smith, memasuki ruangan dan berkata, "Tricia, orang punya kekuatan. Tulislah." "Dan saya berdiri di sana dengan pengupas kentang berpikir, 'Saya ingin memiliki kekuatan untuk membuatnya mengupas kentang ini,'" kenang Smith kepada NME pada tahun 2014. "Tapi saya berkata, 'Aye-aye, kapten.' Smith dan suaminya telah memprotes Perang Vietnam di masa muda mereka dan secara konsisten terlibat dalam masalah keadilan sosial dan politik, jadi tujuan mereka adalah menulis lagu baru yang mewujudkan semangat kuat yang sama yang meresapi musik tahun 60-an dan '70-an. "Itu benar-benar lagu Fred," kata Smith. "Meskipun saya menulis kata-katanya, dia menulis musiknya. Konsepnya adalah miliknya, dan dia ingin itu menjadi lagu yang dinyanyikan orang di seluruh dunia untuk menginspirasi mereka untuk tujuan yang berbeda. Dan dia tidak hidup untuk melihat itu terjadi. Namun saya memiliki." (Fred Smith meninggal pada tahun 1994.) "Saya telah melihat orang. Saya telah berjalan dalam pawai di seluruh dunia di mana orang secara spontan mulai menyanyikannya, Anda tahu, apakah itu di Paris atau dengan Palestina atau di Spanyol atau New York City, Washington, D.C. – dan saya sangat tersentuh melihat mimpinya terwujud."

  7. This is the Girl (Banga, 2012)

"Ini orang buta yang menyerahkan anggur / Ini anggur rumah, konon / Ini gadis yang sangat ingin didengar / Sangat ingin memeluk burung yang membara." Permainan kata Smith yang tidak terlalu halus memberikan nama wanita yang untuknya Smith menulis lagu itu. Amy Winehouse meninggal pada 2011, setahun sebelum Smith memasukkan lagu itu ke dalam album ke-11nya, Banga. “Kami berada di Electric Lady [Studios] mengerjakan lagu lain, dan saya menulis puisi kecil untuk Amy ketika dia meninggal,” kata Smith kepada Uncut pada tahun 2012. “Pemain bass saya, Tony Shanahan, menulis sebuah karya musik, dan keduanya sangat cocok.” Smith tidak mengenal Winehouse secara pribadi, tapi itu tidak masalah. 'Saya menulisnya untuk menghormati kesenian dan masa mudanya,' katanya kepada Spin.

  6. Beneath the Southern Cross (Gone Again, 1996)

Gone Again, album keenam Smith dan yang pertama setelah jeda delapan tahun, tiba setelah beberapa kerugian pribadi. Salah satu teman terdekat Smith, fotografer Robert Mapplethorpe, kalah dalam pertempuran melawan AIDS pada tahun 1989; suaminya, Fred, meninggal karena gagal jantung pada tahun 1994 pada usia 46 tahun; dan, beberapa minggu setelah kematian Fred, saudara laki-laki Smith (yang juga menjabat sebagai manajer jalannya) menderita stroke yang fatal. Jadi, Gone Again, yang juga menampilkan pertunjukan studio terakhir oleh Jeff Buckley, melihat Smith dengan gigih dan terapeutik mengatasi kesedihannya. "Oh, untuk tidak menangis / Sangat sedih sehingga burung merpati hanya tertawa, terengah-engah," dia menyanyikan lagu "Beneath the Southern Cross" yang digerakkan secara akustik. “Saya selalu percaya memiliki rasa keseimbangan dan sembunyi-sembunyi,” katanya Rolling Stone pada tahun 1996. “Saya belajar banyak dari Arthur Rimbaud. Orang-orang berbicara tentang bagaimana dia ingin menjadi seorang peramal dan melakukannya melalui kekacauan indra. Apa yang mereka lupakan adalah bahwa dia juga menganjurkan, dengan tegas dan keras, bahwa seseorang harus mampu melalui semua itu – dan kemudian mengartikulasikannya. Hanya untuk pergi dan terbuang sia-sia, bahkan sampai mati, adalah sia-sia.”

  5. Dancing Barefoot (Wave, 1979)

Untuk Wave, Smith bergerak sedikit lebih dekat ke pop-rock yang dipoles, meminta bantuan Todd Rundgren untuk berproduksi. "Saya pikir akan menyenangkan bekerja dengan seorang teman," kata Smith kepada Uncut. "Dan juga dia seorang musisi yang hebat, dan saya tahu bahwa dia akan berkontribusi pada selera musik dari rekaman itu. Dia sangat baik dalam menggunakan kibor; dia sendiri adalah seorang pianis, dan banyak dari lagu-lagu itu berkembang di sekitar itu. Itu bukan rekaman yang mudah dibuat. dan Todd bekerja dengan sangat cepat – saya juga bekerja dengan cepat, tetapi tidak secepat Todd, tetapi menurut saya suara rekaman itu indah." Dibandingkan dengan lagu-lagu sebelumnya, "Dancing Barefoot" tidak diragukan lagi lebih ramah radio, tetapi seperti kebanyakan Wave, lagu ini menangkap esensi dari gaya Smith yang kasar.

  4. Smells Like Teen Spirit (Twelve, 2007)

"Ketika Nirvana keluar, saya sangat bersemangat," kata Smith kepada Rolling Stone. "Tidak terlalu banyak untuk diri saya sendiri - waktu saya telah berlalu untuk menaruh begitu banyak semangat dalam musik dan menyematkan keyakinan saya pada sebuah band. Saya memiliki the Rolling Stones. Saya senang anak-anak memiliki [Nirvana]. Saya tidak melakukannya tahu apa-apa tentang siksaan [Kurt Cobain] atau kehidupan pribadi. Saya melihat pekerjaan dan energi, dan saya senang dengan itu." Smith memasukkan upeti Cobain di Gone Again, sebuah lagu delapan menit berjudul "About a Boy", tetapi penghormatannya yang paling mencolok datang pada tahun 2007 di album cover Twelve. Lagu rakyatnya yang polos dan gelap bahkan menyertakan beberapa puisi yang diucapkan: "Anak-anak yang terlupakan, mencari makan, mistis / Bermulut kotor, bermata kaca, berhalusinasi."

  3. Pissing in a River (Radio Ethiopia, 1976)

Artis mana pun yang mendapatkan debut yang sukses dihadapkan pada tugas yang sulit untuk ditindaklanjuti. Smith menghadapi tantangan ini dengan album yang mendalam, kacau, dan terkadang benar-benar tidak dapat dipahami. "Saya ingin membuat rekaman yang bukan hanya pengalaman otak - itu lebih dari rekaman fisik," katanya pada konferensi pers setelah rilis Radio Ethiopia, yang dulunya dikritik oleh para kritikus tanpa arah dan bergantung pada musik yang lebih berat. suara yang menyisakan lebih sedikit ruang untuk suara Smith. Tetap saja, dia terus membuka pintu bagi artis wanita, menggantikan citra berkilau dari penyanyi pop yang sempurna dengan pilihan yang lebih berani. Suara suram dari singel utama Radio Ethiopia yang menghantui "Pissing in a River" menggemakan "While My Guitar Gently Weeps" dari George Harrison tetapi paling berkesan karena pertanyaannya yang tanpa henti: "Bagaimana dengan itu, bagaimana dengan itu, bagaimana dengan itu?"

  2. Because the Night (Easter, 1978)

Jimmy Iovine, yang memproduseri Easter tahun 1978, dikenal luas karena telinganya yang tajam. Bruce Springsteen memulai lagu "Because the Night" tetapi tampaknya tidak tahu bagaimana menyatukan lagu itu. Jadi Iovine menyarankan - atau seingatnya, bersikeras - untuk memberikan lagu itu kepada Smith. "Saya sangat menghormati mereka berdua, musik dan lirik mereka, sehingga saya berkata 'Ini harus terjadi,'" kenang Iovine kepada Billboard pada tahun 2018. "Orang tidak melakukan banyak hal sampai mereka melakukannya." Smith menolak gagasan itu pada awalnya, merasa penting untuk menulis materi orisinal, tetapi dia akhirnya mendengarkan demo Springsteen. "Ada hal-hal tertentu di masa lalu saya yang tidak dapat saya ingat, tetapi ini dapat saya ingat detik demi detik," katanya kepada Billboard. "Saya berdiri di sana, dan saya menggelengkan kepala, dan saya mungkin akan mengatakannya dengan lantang: 'Itu salah satu lagu hit sialan itu.'" Smith menambahkan beberapa lirik, dan lagu itu menjadi hit Top 40. Meskipun Smith dan Springsteen jarang membawakan lagu itu bersama-sama, lagu itu sering muncul di daftar lagu masing-masing. "Itu tidak akan menjadi hit jika saya menyelesaikannya dan merilisnya," kata Springsteen di E Street Radio SiriusXM pada tahun 2021. "Itu membutuhkan suara wanita, itu membutuhkan suara Patti dan visinya. Dia mengubahnya menjadi sesuatu yang Saya sendiri tidak akan pernah bisa menciptakan."

  1. Gloria (Horses, 1975)

Smith tidak bisa memperkenalkan dirinya secara lebih eksplisit daripada dengan baris pembuka untuk "Gloria," lagu pertama dari album debutnya: "Yesus mati untuk dosa seseorang tetapi bukan dosaku." Dalam memoarnya, Just Kids, Smith menulis bahwa “Lenny [Kaye] menunjukkan kepada saya cara memainkan E, dan saat saya mencapai nada, saya mengucapkan kalimatnya. ... Saya telah menulis baris itu beberapa tahun sebelumnya sebagai pernyataan keberadaan, sebagai sumpah untuk bertanggung jawab atas tindakan saya sendiri. Kristus adalah seorang pria yang layak untuk memberontak, karena dia sendiri adalah pemberontakan.” Meskipun secara teknis merupakan cover dari lagu Van Morrison untuk bandnya Them, "Gloria" secara radikal ditata ulang oleh Smith sehingga aslinya hampir tidak dapat dikenali di dalamnya. Lebih dari separuh liriknya adalah tambahan Smith. "Apa yang dimulai sebagai puisi berjudul" Sumpah "berubah menjadi sesi eksperimental di studio," kenangnya, "dan kemudian, akhirnya, ke versi rekaman yang perlahan membangun momentum dari bawah ke atas, yang berpuncak pada puncak yang luar biasa. energi dan suara — dan semuanya hanya menggunakan tiga nada dan kebenaran."


Sumber: ultimateclassicrock
Previous
Next Post »
0 Komentar